Selasa, 04 Maret 2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Perlu kita sadari bahwa sampai saat ini lulusan SMK
belum dapat diserap secara langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri.
Secara kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha/ industri ketika merektrut
tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan pendidikan dan pelatihan bagi yang
telah selesai lolos seleksi penerimaan karyawan rata-rata 2 bulan. Hal ini
menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh dunia
usaha atau industri.
Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat
menyalahkan dunia usaha/ industri memang pada kenyataanya masih banyak SMK yang
sangat minim peralatan praktik, sehingga peserta diklat yang seharusnya porsi
pembelajaran praktik yang idealnya 70 % hanya dapat dilaksanakan 30 % bahkan
ada beberapa SMK yang tidak memiliki peralatan praktik. Dalam pelaksanaan
peserta diklat hanya diberi teori tanpa praktik, pada akhirnya peserta diklat
hanya dapat berangan-angan dengan teori saja, tidak ada peralatan kenyataan sebenarnya.
SMK yang peralatan praktiknya cukup memadai, belum
tentu peralatan itu sesuai dengan yang berada di dunia usaha/ industri.
Sekarang peralatan di dunia usaha/ industri sudah serba otomatis sedangkan
peralatan di SMK masih manual. Sehingga pelaksanaan praktik hanya dapat
mengenal peralatan yang ada, kurang memperhatikan kebutuhan di dunia usaha/
industri, itupun tidak semuanya dapat memanfaatkan secara maksimal.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian
Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan pendidikan di SMK
belum secara tegas menghasilkan tamatan sebagaimana yang di harapkan.. Hal
tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran belum kondusif untuk
menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang
tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik pekerja,
tetapi harus dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik.
Penggunaan unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja
dapat dipelajari di sekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat
di ajarkan tetapi harus dikuasai melalui pembiasaan dan internalisasi.
Untuk kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar
keahlian profesianal seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan
pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu ukuran
keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja.
Mata diklat praktik kejuruan yang disajikan disekolah
biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya
mampu menyajikan proses dan situasi peniruan (simulasi) karena bukan situasi
yang sesungguhnya, oleh karena itu sulit diharapkan untuk mampu memberikan
keahlian sebagaimana yang diharapkan.
Melihat kenyataan diatas, Dikmenjur menetapkan
strategi operasional berdasarkan pada kebijakan “Link And Match (Kesesuaian
dan kesepadanan)” Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam model
penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaan sesuai dengan ketentuan
yang dituangkandalam Undang-undang No. 2 tahun 1089 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, PP No. 20 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP No. 2 tahun 1992
tentang Peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Kepmendikbud No.
0409/U/1993 tentang kurikulum SMK.
Alasan mengambil judul adalah dengan melihat
kondisi siswa-siswi SMK sekarang yang sebagian besar belum mengetahui
secara mendalam tentaang google chrome ,Karena itulah penulis mengambil judul
“Cara Menginstal google chrome”.
sebagai syarat
ketentuan untuk mengikuti Ujian Nasional. Dan semoga judul yang disusun
oleh penulis bisa bermanfaat untuk semua pelajar kususnya siswa-siswi SMK.
A. Rumusan masalah
1. Cara menginstal google chrome
2. Kelebihan dan kekurangan google chrome
3.Cara menggunkan google chrome
A. Maksud dan tujuan
praktek kerja industry ( PRAKERIN )
c.1 Maksud Praktek
Kerja Industri ( PRAKERIN )
Adanya maksud dilaksanakan praktek kerja industri ( PRAKERIN )
ini adalah sebagai berikut :
1. Membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki
lapangan kerja.
2. Sebagai pengalaman untuk melatih diri dengan mengkaji
konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan
kerja.
3. Memperluas dan
memantapkan proses penetapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah maupun
sebaliknya.
4. Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat
memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan/instansi dalam mengambil
kebijakan di masa yang akan datang.
5. Memantapkan sikap professional yang diperoleh siswa
dalam memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.
c.2. Tujuan praktek
kerja industry ( PRAKERIN )
Tujuan praktek kerja industri ( PRAKERIN ) bagi setiap siswa yang
akan menyelesaikan studinya dari SMK MAMBAUL FALAH adalah sebagai
berikut ;
1. Memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
2.Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profosional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha.
3. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang
berharga dan memperoleh masukan
serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan
dengan kenyataan yang sesuai di lapangan.
4. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan
tuntutan zaman dalam era informasi dan teknologi.
5. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan
pewndidikan jurusan TKJ .
A. Pengumpulan data
Untuk menyempurnakan
data-data yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan ini, maka kami melakukan
metode pengumpulan data melalui dua cara yaitu :
a.Secara langsung atau metode observasi
Yang dimaksud pengumpulan data secara langsung adalah kami melakukan
pengumpulan data dengan cara observasi secara langsung di instansi dengan
mengguanakan teknik wawancara sta atau karyawan yang berwenang atau mengetahui
informasi yang kami butuhkan.
b. Secara tidak langsung atau metode keputusan
Yang dimaksud metode
pegumpulan data secara tidak langsung adalah kami selaku penulis berpedoman
pada buku-buku atau referensi yang berkaitan dengan materi yang diangkat dari
isi laporan kami.
B. Sistematika penulisan
Sistematika penulisan
ini adalah berisi uraian singkat setiap bab, mulai BAB I hingga sampai ke BAB
V, dimana uraian ini memberikan gambaran secara langsung tentang isi dari
tiap-tiap bab yang ada dalam laporan ini.
Adapun sistematika
penulisan dari laporan kami adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab membahas tentang latar belakang Rumusan masalah,maksud dan tujuan prakerin
dan tentang google chrome , Metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini membahas tentang teori-teori yang berhubungan
dengan yang ada dalam laporan yaitu ; sejarah browser, pengertian browser, dan
jenis jenis browser
BAB III DESKRIPSI
LOKASI PRAKERIN
Bab ini membahas tentang tempat dan waktu
prakerin, jadwal dan kegiatan prakerin, tugas pokok dan fungsi, struktur
organisasi, program kerja dan kegiatanNya.
BAB IV PEMBAHASAN
Bab ini membahas cara instal, kelebihan, kekurangan, dan cara
menggunakan google chrome
BAB V PENUTUP
Bab ini adalah merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dan
saran, baik bagi perusahaan/instansi maupun bagi SMK MAMBAUL FALAH.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Absensi atau keterangan lainya.
Label:
BAB 1
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
Casino (T&C's Apply) - Dr.MCD
All 삼척 출장마사지 Casino Games 속초 출장샵 at Dr.MCD are Licensed by the Gambling 천안 출장샵 Commission, the Malta Gaming Authority and the UK 익산 출장안마 Gambling Commission. · 안산 출장안마 Game Selection. · Game
Posting Komentar